Senin, 11 Oktober 2010

Cara membuat Aplikasi Portable


Aplikasi Portable saat ini memang menjadi solusi praktis bagi mereka yang sering menggunakan computer dengan aplikasi-aplikasi tertentu yang sering digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan dan tugas kantor atau sekolah, dimana dengan aplikasi portable anda dapat menyimpan semua software yang anda perlukan ke dalam removable media semisal USB Flash Disk dan dapat membawanya dengan mudah kemanapun anda pergi serta dengan aplikasi portable ini anda dapat menyelesaikan pekerjaan anda di mana saja baik menggunakan computer di  warnet ataupun menggunakan computer milik teman anda, tanpa perlu khawatir tidak adanya software yang anda perlukan yang ter-install di computer tersebut, karena semua software yang anda perlukan sudah tersimpan di Flash Disk kesayangan Anda.
Namun mungkin anda akan bertanya bagaimana jika software yang saya perlukan tidak ada portable-nya? Jangan khawatir anda dapat membuat sendiri versi Portable dari aplikasi yang anda perlukan.
Untuk kasus anda yang seperti ini gunakan saja Portable Apps Creator, dengan aplikasi Portable Apps Creator anda dapat dengan mudah meng-install aplikasi ke dalam USB Flash Disk Anda dan menjadikannya Portable.

Coba ikuti beberapa langkah di bawah ini , bagaimana cara penggunaan aplikasi Portable App Creator :

1.Tentunya pertama-tama anda mesti mengunduh dulu aplikasi Portable Apps Creator Disini. Kemudian ekstrak ke harddisk computer anda, jadikan satu folder dan letakkan pada tempat yang mudah anda temukan.

2.Langkah selanjutnya tancapkan USB Flash Disk yang akan anda gunakan sebagai tempat menyimpan aplikasi portable ke
lubang  Port USB computer. Lalu buka Folder hasil ekstraksi tadi.



3.Klik dua kali  pada file yang bernama [PAC Compiler.exe], maka boks dialog PAC Compiler akan muncul. Selanjutnya aplikasi ini akan secara otomatis akan mencari file yang bernama [ Autolt.exe ] di harddisk computer anda, jika tidak ditemukan maka aplikasi ini akan memberikan pilihan kepada anda untuk mengunduhnya secara otomatis langsung ke website aslinya, atau anda dapat mengunduhnya secara manual disini!  Lalu klik [Next] untuk melanjutkan, setelah sukses mengunduh file [Autolt.exe] kemudian klik [Done].



4.Maka selanjutnya file [ PAC Compiler.exe ] akan berubah menjadi [ Portable App Creator ], kemudian klik dua kali file tersebut, sehingga muncul boks dialog [ Portable App Creator ], lalu pilih Drive USB flash Disk anda di [ Portable Device Located At Drive ], klik [ Next ] lagi , lalu klik  [ Browse...], kemudian cari file installer software yang akan anda jadikan aplikasi Portable, klik pada file installer yang berekstensi EXE, kemudian pilih [Open], lalu klik [Next] lagi.




5.Sekarang akan tampil sebuah Wizard Instalasi software, klik pada  [ Take 1st Shot ], jika proses disini sudah selesai kemudian klik pada  [Install Aplications], proses instalasi disini sama seperti layaknya anda menginstall sebuah software biasa,namun pada saat proses penentuan Destination Folder, anda harus memilih posisi USB Flash Disk anda. Ini adalah langkah peng-install-an aplikasi yang akan dijadikan portable pada USB Flash Disk anda.




6.Yakinkan anda telah memilih Direktori USB Flash Disk anda sebagai [Destination Folder] atau folder tempat file instalasi nantinya. Ikuti semua proses instalasi hingga dinyatakan sukses dan finish dan setelah itu masuk  kembali ke jendela aplikasi [Portable App Creator] untuk melakukan pengetesan terhadap aplikasi portable yang tadi anda buat, klik pada [Get Shortcut Info], tentukan file aplikasi yang tadi telah ter-install di Flash Disk pada boks [Get The Location Of Application To Run] dengan cara klik  [Browse]  lalu pilih  [Open], kemudian tentukan lokasi shortcut aplikasi tersebut dengan cara klik pada  [Get The Location For The Launcher], lalu klik  [Next]  kemudian pilih  [Open/Close] untuk mencoba aplikasi portable yang tadi anda buat, jika sudah mau berjalan mulus tutup kembali jendela aplikasi.



7.Kemudian langkah terakhir, klik pada [Take 2nd Shot], kemudian lanjutkan dengan klik pada pilihan [Prosess Shot], jika sudah selesai klik pada tombol [Done]. Sekarang aplikasi portable sudah sukses ter-install di USB Flash Disk anda, selamat menikmati aplikasi portabel anda yang baru..

Informasi :
Nama : Portable App Creator 0.97
Download : Portable App Creator 0.97

Download : Portable App Creator 0.97
Download :
Portable App Creator 0.97
Download :
Portable App Creator 0.97
Kebutuhan file : Autoit v3
System OS : Windows 2000/ XP

0 komentar:

Posting Komentar